Resep Kue Patole Banyuwangi

0 424

Kue patole atau biasa di sebut dengan Precet ini merupakan kue basah khas Banyuwangi, untuk bahan dasar dari kue patole ini menggunakan beras dan santan dan warnanya pun cukup menarik yaitu berwarna hijau, putih dan merah, untuk mendapatkan Kue Patole ini cukup sulit sekali tidak sedang dalam bulan puasa, namun anda masih tetap bisa membawanya pulang dalam bentuk mentahanya saja dan di buat di rumah karena jenis kue patole ini merupakan bukan jenis kue kering yang bisa bertahan lama. Tetapi tenang saja, jika anda ingin membuatnya dirumah untuk camilan bersama keluarga, dibawah ini kami sajikan resep untuk membuat Kue Patole ini.

 Cara Membuat Kue Patole

Bahan Membuat Kue Petulo :
  • Tepung terigu sejumlah 250 gram
  • Air mendidih sejumlah 425 gram
  • Air sejumlah 75 ml
  • Pewarna hijau serta merah
Bahan untuk pelengkap :
  • Siapkan kuah santan sejumlah 400 ml
Langkah Cara Membuat Kue Petulo :
  1. Perciki tepung beras bersama air sejumlah 75 ml, sedikit-sedikit sembari diaduk-aduk hingga airnya habis dan tepung jadi lembab.
  2. Alasi dandang dengan memakai kain tidak tebal, masukan tepung beras yang telah dilembabkan. kukus seputar 10 menit, angkat, ayak.
  3. Tuang air medidih, diaduk-aduk dengan memakai sendok kayu sampai rata dan sedikit dingin.
  4. Adonan dibagi jadi 3 beri warna dua sisi dengan pewarna hijau serta merah muda, bekasnya biarlah saja putih, lalu uleni semasing sisi hingga rata.
  5. Tuang adonan pada cetakan semprotan khusus buat petulo, tekan-tekan cetakan di atas satu lembar daun pisang hingga adonan keluar dengan berupa mie, dipotong 6 cm, atur.
  6. Kukus pada dandang yang telah dialasi dengan memakai daun pisang sampai kuenya masak. angkat dan sajikan dengan kuah santan manis.

Source Resep Kue Patole Banyuwangi Cara Membuat Kue Petulo Yang Lembut
Comments
Loading...