Dodol Amurang Khas Manado

0 500

Dodol Amurang, rasanya enak seperti jenang Jawa, dengan warna coklat. Dibuat dari bahan alami yaitu gula aren, beras ketan yang dihaluskan, dan minyak kelapa murni tentunya, tak perlu ragu untuk mencicipinya. Semuanya itu haruslah dimasak di atas api dengan panas yang kadar panasnya tidak kurang dari 120 derajat celcius. Dalam pembuatan Dodol Amurang terkadang ditaburi kenari atau kacang sehingga menambah aroma dan kelezatan serta membuat siapapun yang memakannya tak ingin berhenti mengunyah.

Jajan khas Minahasa ini banyak disajikan saat acara pengucapan syukur warga Minahasa, Sulawesi Utara. Pengucapan syukur merupakan tradisi masyarakat Minahasa, yang dirayakan setelah keberhasilan panen pertanian. Simak cara membuat Dodol Amurang khas manado berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1000 gr tepung ketan putih
  • 650 gr gula merah
  • 250 gr kenari
  • Daun pisang atau kertas minyak untuk membungkus

Cara Membuat:

  1. Gula merah direbus dengan air secukupnya sampai mendidih dan larut kemudian diamkan sampai hangat.
  2. Tepung ketan putih dimasukkan kedalam wadah dan selanjutnya uleni tepung tekan putih ini dengan setengah air rebusan gula merah sedikit demi sedikit sampai adonan cukup untuk dibentuk.
  3. Tambahkan sisa air rebusan gula merah sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan tercampur rata.
  4. Kemudian adonan dibungkus dengan kertas minyak atau daun pisang, lakukan sampai adonan habis.
  5. Setelah itu, kukus adonan yang sudah dibungkus dengan api besar sampai matang atau kurang lebih dikukus selama 3-5 jam.
  6. Taburi kenari diatasnya dan dodol amurang siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba.

Source Resep Dodol Amurang Khas Manado Kuliner Manado
Comments
Loading...