resepnusantara.id

Tumis Putren Spesial Komplit

0 2

Putren adalah sejenis jagung muda yang berukuran kecil yaitu, sebesar jari-jari tangan. Jenis jagung ini dapat kita makan seluruhnya karena variannya memang berbeda dengan jagung biasa. Teksturnya yang crunchy membuat sayur ini cocok jika dijadikan tumisan. Tumis saja bersama bawang merah dan putih dan juga cabai lalu tak lupa diberi daun salam sehingga membuat aroma masakan ini akan lebih menggoda.

Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan Untuk Tumisan:

  • 200 gram jagung keputren
  • 100 gram tempe
  • 150 gram udang kecil

Bahan Bumbu Tumisan:

  • 2 lembar daun salam
  • 3/4 sendok teh garam
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1/2 sendok makan kecap manis
  • 2 buah cabai merah besar, diiris serong
  • 150 ml air
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Tumisan yang Dihaluskan:

  • 3 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai merah besar
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Cara Mempersiapkan Bahan-Bahan Sebelum Memasak:

  1. Cara yang pertama bisa dilakukan dengan melakukan persiapan sebelum memasak. Maksudnya disini adalah dengan mempersiapkan bahan utama masakan. Sementara untuk bumbu, diatas sudah diterangkan bagaimana anda harus mengolah bumbu sehingga nantinya anda tinggal menuangkan saja bumbu-bumbu diatas. Namun sebelum mempersiapkan bahan utama, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti pisau, tatakan dan juga wadah untuk menampung bahan utama yang sudah dipotong-potong.
  2. Nah, untuk bahan yang pertama yang akan kita potong-potong adalah jagung putren. Untuk memotng bahan ini, silahkan potong dengan bentuk menyerong. Dari satu jagung putren, anda bisa memotongnya menjadi dua bagian menyerong. Jika jagung sudah dipotong, silahkan masukkan jagung kedalam wadah dan sisihkan sementara.
  3. Selanjutnya, untuk tempe silahkan potong-potong tempe dengan bentuk kotak ukuran kecil. Potong tempe dengan menggunakan pisau dan usahakan ukurannya sama rata agar tampilannya lebih cantik. Masukkan tempe dalam wadah yang berebda dari anda menempatkan jagung putren.
  4. Setelah itu, kita akn bersihkan udangnya. Caranya, kupas kulit udang dengan menggunakan tangan dan buang bagian kepalanya. Sementara yang disisakan adalah bagian ekor dan daging udang. Masukkan juga udang yang sudah dikupas pada wadah yang berbeda dan sisihkan sementara.
  5. Cuci, terlebih dahulu jagung dan udang dengan menggunakan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bahan-bahan tersebut secara merata.
  6. Sementara itu, silahkan nyalakan kompor dan masukkan minyak kedalamnya secukupnya. Tunggu hingga minyak panas dan goreng tempe hingga kering dan berwarna kecoklatan secara merata. Angkat tempe yang sudah kering dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya sebelum kita masak tumisan dan bumbunya.

Cara Membuat Oseng Jagung Tempe:

  1. Panaskan kembali wajan yang sama bekas menggoreng tempe dan tumis bumbu yang telah dihaluskan berama dengan duan salam, cabai dan aduk-aduk hingga harum.
  2. Selanjutnya, masukkan udang kedalam tumisan bumbu. Aduk-aduk sampai udang berubah warnanya.
  3. Masukkan jagung muda yang telah dibersihkan bersama dengan tempe yang telah digoreng. Aduk-aduk kembali sampai bahan ini merata.
  4. Tambahkan kecap menis dan juga garam, aduk merata sampai semua bahan tercampur.
  5. Tuangkan sedikit air kedalamnya, masak bahan-bahan hingga matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan merata dan sempurna.
  6. Angkat sajian

 

Selamat mencoba.

Source Resep Nusantara Oseng Jagung Putren

Leave A Reply

Your email address will not be published.