Roti Kirai

0 3

Roti Kirai  adalah salah satu jenis kue basah yang merupakan panganan tradisional khas Melayu. walaupun menyandang nama roti, namun bentuk roti kirai ini tidak menyerupai bentuk roti pada umumnya. Bentuknya tipis, berongga atau berlubang-lubang layaknya sebuah jala atau jaring yang biasa dipakai para nelayan untuk menangkap ikan. Rori ini sering kali disajikan dengan kuah kari seperti Kuah Kari Ayam, Kari Domba, Kari Sapi maupun kari kambing.

Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan

  • Telur 2 butir (kocok sebentar)
  • Tepung terigu 250 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan atau air sebanyak 500 mili liter/cc
  • Minyak 1 sendok makan atau bisa juga diganti mentega cair 1 sendok makan

Cara Membuat

  1. Langkah awal campur tepung, garam dan telur. aduk rata sambil dituangi santan dengan sedikit demi sedikit hingga licin. saring bila perlu untuk membuang butiran-butiran kecil. masukkan minyak, aduk kembali hingga rata.
  2. Selanjutnya masukan adonan ke dalam wadah cetakan roti jala atau plastik segitiga. panaskan wajan anti lengket lalu semprotkan adonan diatas dengan gerakan membentuk jala/jaring/renda. tunggu hingga matang kurang lebih sekitar 1 hingga 2 menit dengan menggunakan api kecil.
  3. Setelah itu lipat kue (bisa menjadi bentuk segitiga atau lipat sisi kiri dan kanan ke tengah lalu digulung seperti Kue Dadar
  4. Gulung Atau pun Telur Dadar Gulung).
  5. Roti Kirai siap disajikan bersama kari.

Selamat mencoba Perantara Lovers.

Source Resep Nusantara Resep kue Jala Kue Jala

Leave A Reply

Your email address will not be published.