resepnusantara.id

Resep Burayot Kue Menggelayut Khas Garut

0 3

Burayot terbuat dari campuran tepung beras pilihan dan gula merah. Burayot mirip dengan ali agrem makanan dari daerah lain karena bentuknya sama sama bundar keriput. Burayot bertekstur legit dan rasanya manis.

Asal-usul kata burayot berasal dari kata Bahasa Sunda yang berarti menggantung/menggelayut, karena dalam proses pemasakan kue Burayot ini setelah diproses melalui penggorengan kemudian diangkat dengan cara ditusuk-tusuk menggunakan bilah bambu dengan posisis menggantung/menggelayut, sehingga lahirlah nama kue Burayot. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue Burayot sangatlah sederhana seperti tepung beras, gula aren dan kacang tanah. Berikut cara pembuatannya.

Bahan-bahan

  • Tepung beras berkualitas secukupnya
  • Kacang merah secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Vanilli secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat Burayot khas Garut

  1. Panaskan gula merah dengan campuran air sampai mendidih dan berbentuk cair, tambahkan kacang tanah dan vanili agar mendapat aroma yang sedap, didihkan sampai mengental.
  2. Masaklah gula sampai benar-benar panas kemudian campurkan tepung beras ke dalam wajan, aduk perlahan sampai adonan tercampur rata dan mengental.
  3. Bila adonan sudah jadi, silakan Anda ambil sedikit adonan dan bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran bakso, kemudian pipihkan.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian gorengkan adonan tersebut hingga berwarna coklat dan benar – benar matang
  5. Angkat adonan/kue burayot dengan menggunakan bilah bambu agar tekstur dan bentuknya tetap terjaga, kemudian tiriskan
  6. Sajikan kue burayot diatas piring saji. Agar sajian kue burayot ini semakin nikmat, Anda bisa tambahkan minuman pelengkap dengan ditemani secangkir teh panas.

Selamat mencoba Perantara Lovers.

Source Resep Nusantara Kue Burayot Garut

Leave A Reply

Your email address will not be published.