resepnusantara.id

Resep Aia Kawa ( Teh Daun Kopi) dari Minang

0 12

Aia Kawa atau Kawa Daun merupakan minuman yang terbuat dari daun kopi yang diseduh dengan air panas, layaknya sebuah teh. Minuman ini berasal dari Sumatra Barat dan muncul pertamakali semasa zaman kolonial Belanda, di mana penduduk setempat dilarang keras mengonsumsi biji kopi. Daun kopi yang akan diolah menjadi Kopi Kawa sebelumnya harus dijemur terlebih dahulu selama 12 jam, kemudian disangrai hingga mengering sempurna.

Buat para penyuka kopi, anda bisa membuat Aia Kawa/Kopi Kawa  Khas Minang ini sendiri di rumah. Dibawah ini ada beberapa resep yang dapat dicoba untuk membikin sajian minuman dari daun kopi ini.

Resep Pertama

Ambil beberapa helai daun kopi yang kondisinya segar dan berumur cukup. Kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung selama 2-3 hari tergantung kondisi cuaca. Setelah itu, daun-daun kopi tadi disangrai atau digoreng tanpa minyak. Akhirnya baru deh daun kopi ini siap diseduh memakai air yang mendidih.

Resep Kedua

Petik daun kopi yang usianya tidak terlalu tua atau terlalu muda secukupnya. Tusuk daun-daun kopi tersebut menggunakan sebilah bambu. Lalu bakar agar kandungan air yang tersimpan di dalamnya hilang. Hati-hati saat membakarnya ya. Jangan terlalu gosong karena bisa berakibat pada minuman kopi yang terasa pahit. Setelah kondisinya cukup kering, silahkan remas daun kopi tadi hingga menjadi potongan-potongan yang kecil. Kini saatnya menyeduh daun kopi tersebut menggunakan air panas.

Resep Ketiga

Siapkan daun kopi yang kondisinya paling bagus sehingga mampu menghasilkan minuman yang nikmat. Berikutnya taruh daun-daun kopi ini pada wadah/penampan lalu gantungkan di atas perapian. Setelah daun mengering sempurna, masukkan daun tersebut ke dalam panci lalu tambahkan air secukupnya. Panci tersebut lantas direbus selama 20-30 menit hingga menghasilkan minuman kopi kawa yang berwarna kecoklat-coklatan.

Source Resep Aia Kawa ( Teh Daun Kopi) dari Minang CARA MEMBUAT TEH KAWA (DAUN KOPI) MINANG

Leave A Reply

Your email address will not be published.