Kue Geplak Khas Betawi

0 6

Dari tekstur dan tampilannya, makanan khas Betawi yang satu ini mirip seperti tape yakni lembut dan tampak seperti dibaluri bedak. Tapi untuk rasanya, geplak betawi mempunyai cita rasa manis, sedangkan tape rasanya asam. Kue khas Betawi ini sekarang sudah langka. Kehadiran kue geplak betawi biasanya ada di saat pesta pernikahan di mana kue ini akan dijadikan kue pengantar pengantin pada pesta pernikahan adat betawi.

Kamu mungkin penasaran, kenapa kue ini dinamakan geplak. Dari penuturan sebagian warga yang pernah membuatnya, kue ini dibuat dengan cara diaduk pakai tangan dan setengah dipukul. Karena dipukul maka lahirlah nama geplak betawi.

Berikut bahan dan cara membuat Geplak khas Betawi.

Bahan-bahan

  • Siapkan kelapa yang sudah diparut sebanyak 500 gr
  • Siapkan tepung beras sebanyak 750 gr
  • Siapkan daun pandan sebanyak dua lembar, lalu disobek
  • Siapkan tepung beras yang sudah disangrai sebanyak 4 sendok makan, buat taburan

Bahan sirup gula:

  • Siapkan air sebanyak 500 ml
  • Siapkan gula pasir sebanyak 800 gr
  • Siapkan air jahe pekat sebanyak 25 ml
  • Siapkan garam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Siapkan vanila bubuk sebanyak 1/2 sendok the

Cara membuat kue geplak betawi yang lezat:

  1. Kelapa parut disangrai diatas api dengan ukuran kecil, sambil diaduk sampai kelapa kering, serta berwarna kuning agak kecoklatan. lalu angkat kemudian tumbuk selagi panas sampai halus.
  2. Tepung beras serta daun pandan disangrai diatas api yang berukuran kecil sambil diaduk sampai daun pandan mengering. kemudian angkat. lalu dinginkan serta saring. dan daun pandan dibuang.
  3. Sediakan wadah maupun tampah diameter 24 cm, alasi plastik maupun daun pisang lalu olesi dengan sedikit tepung sangrai. kemudian sisihkan.
  4. Untuk sirup gula: Bahan buat sirup gula didihkan diatas api yang berukuran sedang sampai kental. kemudian angkat.
  5. Kelapa dan tepung sangrai diaduk-aduk sampai merata. lalu buat lubang di tengah tepung. kemudian tuangkan sirup gula yang masih panas secara bertahap tahap sambil diaduk-aduk sampai merata.
  6. Adonan dituangkan pada tampah. lalu ratakan sambil ditekan-tekan sampai menjadi padat. Olesi permukaan-nya dengan tepung yang sudah disangrai. kemudian dinginkan sampai geplak mengeras.
  7. Terakhir geplak dikeluarkan dari tampah. lalu dipotong-potong kemudian disajikan.

Selamat mencoba.

Source Resep Kue Geplak Khas Betawi Cara membuat kue geplak betawi yang lezat

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.