resepnusantara.id

Kecalo Khas Bangka

0 2

Kecalo khas Bangka mempunyai aroma yang begitu menyengat sehingga tak sedikit pula orang yang ogah untuk memakannya. Makanan ini memfermentasikan udang rebon bersama garam sehingga menghasilkan cita rasa yang asin. Untuk udang rebon yang dipilih adalah udang rebon yang masih segar. Kecalo biasanya tidak disajikan langsung, melainkan dicampur terlebih dahulu ke dalam bumbu untuk membuat sambal sehingga terlahir cita rasa pedas berpadu asin.

Berikut bahan dan cara pembuatan Kecalo Khas Bangka yang bisa Anda coba buat di rumah

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1 kg Udang Rebon halus,,cuci bersih,tiriskan
  • 125 gr Garam
  • 6 gr Gula pasir

Langkah Pembuatan

  1. Udang yg sudah ditiriskan dimasukan di baskom, Lalu dicampur dengan gula dan garam, aduk rata, masukan di wadah tertutup yg bersih.
  2. Jika sudah dimasukan di wadah tertutup boleh disimpan di ruangan yang teduh. Jangan dimasukan kulkas terlebih dahulu, karena kulkas menghentikan proses fermentasi.
  3. Tunggu sampai kurang lebih 3-4 hari, selang beberapa hari tsb, tiap harinya diaduk.
  4. Supaya merata, setelah 3 hari kecalo sudah jadi Tinggal beri cabe dan jeruk kunci. Setelah jadi boleh dimasukan ke dlm lemari es.
  5. Kecalo Khas Bangka pun siap disajikan menajadi pelengkap camilan atau menu makan Anda.

Bagaimana, mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba Perantara Lovers. Semoga bermanfaat dan menambah referensi resep dapur Anda dan keluarga.

Source Resep Nusantara Resep Kecalo Cara Membuat Kecalo

Leave A Reply

Your email address will not be published.