resepnusantara.id

Chai Kwe/ Choi Pan Khas Pontianak

0 2

Chai Kwe atau Choi Pan merupakan salah satu makanan yang sangat identik dengan kota Pontianak, Kalimantan Barat.  Kata Chai Kwe atau Choi Pan itu sendiri yang berasal dari bahasa China, dimana chai berarti sayuran sementara kue berarti kue, jadi secara harfiah chai kue berarti kue yang berisi sayuran.

Bagian kulitnya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu sehingga menghasilkan tekstur kulit yang licin dan kenyal, lalu bagian luarnya dilumuri dengan minyak bawang putih dan bawang putih yang digoreng. Membuat Chai Kwe Pontianak ini sangat mudah dan bahannya pun mudah di temukan, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah cara membuat Choi Kwe

Bahan-bahan :

100 gram Tepung Beras
25 gram Tepung Sagu
2 sendok makan Minyak Goreng
secukupnya Garam
200 ml Air
secukupnya Bengkuang
secukupnya Keladi
secukupnya Kucai
secukupnya Udang
secukupnya Bawang Putih
secukupnya Lada (Merica)
secukupnya Garam
secukupnya Bawang Putih

Langkah :

  1. Siapkan untuk bahan isinya terlebih dahulu, menggunakan isian Keladi(talas), Bengkuang, dan Kucai. Cuci bersih kucai potong ukuran 3 cm, kupas bengkuang bersihkan dan parut dengan parutan rujak, rebus keladi dan parut juga.
  2. Lalu tumis masing2 isian tsb diatas dengan bumbu yang telah dihaluskan dahulu yaitu Ebi, bawang putih dan lada. dan bubuhi garam secukupnya. lalu sisihkan.(menumisnya masing-masing Bengkuang sendiri, keladi sendiri dst) setelah ditumis tiriskan isian tadi agar saat diisikan ke kulit tidak banyak mengandung air.
  3. Sekarang saatnya membuat adonan kulit chai kwe yaitu dengan cara campurkan tepung beras, tapioka(sagu), air, sedikit garam dan 2 sdk makan minyak sayur, aduk rata kemudian masak diatas api kecil aduk2 sampai adonan yang mengumpal, lalu uleni terus sampai adonan terlihat mengkilat dan licin
    Mulailah membuat kulit ambil sejumput adonan pipihkan berbentuk lingkaran dengan diameter 6-7 cm lalu isi tutup seperti membuat pastel.
  4. Lumuri tangan dengan tepung agar tidak lengket.(kalau saya agar cepat adonan kita giling tipis dan cetak dengan tutup gelas atau apa saja sesuai ukuran yg kita mau) lalu isi dan lipat. Simpan di loyang yang sebelumnya telah di oles dengan minyak sayur.
  5. Isi sampai adonan kulit habis dan siapkan kukusan yang sebelumnya sdh dipanaskan terlebih dahulu. Kukuslah selama 7-10 menit.
  6. Setelah matang bubuhi atasnya dengan minyak bawang putih. siap disantap dengan sambal cuka atau cabe botol.

Source Chai Kwe/ Choi Pan Khas Pontianak Chai kwe (choi pan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.